A.Pengertian
Pendidikan
Pendidikan
adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan
masyarakat.
Menurut
John Dewey pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan fundamental secara
intelektual dan emosional kearah alam dan semesta manusia. (
Zahra Idris,1981,hal:9) Adapun menurut John Dewey pendidikan itu terdapat dua
teori yang saling bertentangan antara yang satu dengan yang lainnya :
1.
Paham konservatif mengemukakan pendidikan adalah sebagai suatu
pembentukan terhadap pribadi anak tanpa memperhatikan kekuatan-kekuatan atau
potensi-potensi yang ada dalam diri anak. Pendidikan juga merupakan suatu
proses pembentukan jiwa dari luar dimana mata pelajaran telah ditentukan
menurut kemauan, sehingga anak tinggal menerima saja.
2.
Paham Unfolding Theory berpandangan bahwa anak akan berkembang dengan
sendirinya, karena ia telah memiliki kekuatan-kekuatan latin dimana
perkembangan anak telah memiliki tujuan yang pasti.(Uyo Saduilah,2009,hal:124)
B
.Macam-Macam Fungsi Lembaga Pendidikan Konservatif
Wuradji (1988) menyatakan bahwa pendidikan sebagai
lembaga konservatif mempunyai fungsi-fungsi sebagai berikut:
1.
Fungsi kontrak social
2.
Fungsi Kontrolsosial
3.
Fungsi pelestarian budaya masyarakat
4.
Fungsi sekolah berkaitan dengan konservasi nilai-nilai budaya daerah.
5.
Fungsi pendidikan dan perubahan daerah
6.
Fungsi seleksi dan alokasi.(waradji,1988,hal:31)
Pendekatan
sistematis pengembangan melalui pendidikan adalah pendekatan dimana masyarakat
tradisional sebagai input dan pendidikan sebagai sebagai suatu lembaga
pendidikan masyarakat sebagai pelaksana proses pengembangan dan masyarakat yang
di cita-aitakan sebagai outputnya yang di cita-citakan.
Menurut Ki Hajar
Dewantara ada tiga limgkungan pendidikan yaitu lingkungan keluarga, lingkungan
sekolah, dan lingkungan masyarakat. Bentuk pendidikan dibagi menjadi tiga
bentuk yaitu pendidikan formal, pendidikan informal, dan pendidikan non formal.
Pelaksanaan bentuk pendidikan itu diantaranya adalah lembaga pemerintah,
lembaga keluarga, lembaga keagamaan, dan lembaga pendidikan lainya. Lembaga
keluarga itu sendiri yang menyelenggarakan pendidikan informal, dan lembaga
lainnya menyelenggarakan pendidikan formal maupun pendidikan informal.
Proses
pendidikan dari tiga bentuk pendidikan dipengaruhi oleh system politik dan ekonomi
(Muhammad Dimyati,1996,hal 163).
a.
Fungsi Kontrak social
Yaitu suatu masyarakat yang
kuat karena memilki ikatan sosial, walau kadang kurang msuk akal contohnya di
pulau samosir ikatan yang muncul adalah ikatan adat, sehingga panggilan jiwa
untuk masyarakat adat ada karena ikatan adat. Hal ini yang mendorong masyarakat
untuk saling membantu, karena ada unsure marga sebagai identitas adat.
Setelah masyarakat mengenal
Hak Asasi Manusia dan menghapuskan penjajahan, kemudian timbul suatu “Negara”
yang merdeka. Dalam pembentukannya Negara memiliki sukunya. Atau seiring
perkembangan peradaban,aturan suku ditinggalkan dan mengusung aturan agama. Di
Indonesia hal ini pernah terjadi, pada saat awal pembentukan dasar Negara, yang
dikenal sebagai piagam Jakarta, yang kemudian menyatukan seluruh suku bangsa yang
sangat banyak adalah sebuah kontrak yang diharapkan menjadi pemersatu, dan
tidak ada diskriminasi, kontrak sosial diakui oleh seluruh bangsa dan Negara
seperti di Indonesia kontrak sosialnya adalah UUD 1945, sehingga siapapun
presidennya harus memenuhi kontrak sosial.
Didalam kontrak sosial
tersebut adanya cita-cita yang ingin dicapai, ada tujuan pemerintah untuk
melindungi segenap bangsa Indonesia, sebagai warga Negara yang kritis kita
harus dapat melihat adanya penyimpangan dari kontrak sosial tersebut, misalnnya
konsentrasi sektor ekonomi dan pemerintah yang terlalu besar di pulau jawa,
APBN yang terlalu sedikit di luar pulau jawa, dan permasalahan selalu timbul
seperti kemacetan, urbanisasi, pemukiman kumuh.
b.
Fungsi kontrak sosial
Berfungsi
sebagai lembaga pelayanan sekolah untuk melakukan mekanisme kontorl sosial.
Durkhem menjelaskan bahwa pendidikan moral dapat digunakan untuk menahan atau
mengurangi sifat-sifat egoism pada anak-anak menjadi pribadi yang merupakan
bagian masyarakat yang integral dimana anak harus memiliki kesadaran dan
tanggung jawab sosial.
Sekolah sebagia
lembaga yang berpungsi untuk mempertahankan dan mengembangkan tatanan-tatanan
sosial, serta control sosial menggunakan program-program asimilasi dan
nilai-nilai subgroup beraneka ragam.
c.
Fungsi pelestarian budaya masyarakat
Kebudayaan
adalah suatu system norma-norma semacam itu dan bertindak seperti apa yang
diharapkan yang distandarnisasi yang dikenal dan di ikuti secara umum oleh para
anggota masyarakat. Norma-norma ini mempunyai tugas untuk mempersatukan
budaya-budaya etnik yang beraneka ragam, dan harus melestarikan nilai-nilai
budaya daerah yang masih layak dipertahankan seperti bahasa daerah, kesenian
daerah, budi pekerti dan upaya mendayagunakan sumber daya local bagi
kepentingan sekolah itu sendiri dan sebagainya.
d.
Fungsi sekolah berkaitan dengan konservasi nilai-nilai budaya daerah
Fungsi sekolah yaitu pertama
sekolah digunakan sebagai salah satu lembaga masyarakat untuk mempertahankan
nilai-nilai tradisional masyarakat dari suatu masyarakat pada suatu daerah
tertentu. Untuk memenuhi tuntutan itu maka perlu disusun kurikulum yang baku
yang berlaku untuk semua daerah dan kurikulum yang disesuaikan dengan kondisi
dan nilai-nilai daerah tertentu. Oleh karena itu sekolah harus menanamkan
nilai-nilai yang dapat menjadikan anak itu menjadi yang mencintai daerahnya dan
mencintai bangsa dan tanah airnya.
e.
Fungsi pendidikan dan perubahan sosial
Pendidikan dan perubahan
sosial memiliki fungsi untuk meningkatkan kemampuan analisis kritis yang
berperan untuk menanamkan keyakinan-keyakinan dan nilai-nilai baru tentang cara
berpikir manusia. Pendidikan pada era modern berhasil menciptakan generasi baru
dengan gaya kreasi dan kemampuan berpikir kritis, sikap tidak mudah menyerah
pada situasi yang ada dan sikap yang tanggap terhadap perubahan.
Pengaruh
dan upaya pengembangan berpikir kritis dapat memberikan modifikasihierarki
sosial ekonomi. Oleh karna itu pengembangan berfikir kritis, juga berpengaruh
penghargaan masyarakat terhadap nilai-nilai manusiawi, perjuangan kearah
hak-hak politik, sosial, maupun ekonomi
Pendapat
Wiliam F. O’neil tentang pendidikan bahwa pendidikan meminimilkan kebebasan iti
disebut pendidikan yang konservatif, dan itu terbagi menjadi tiga yaitu :
1)
Fundamentalis pendidikan
2)
Intelektualisme pendidikan
3)
Konservatisme pendidikan
Dalam dunia
pendidikan konservatif beranggapan bahwa sasran utama sekolah adalah
pelestarian dan penerusan pola-pola sosial serta tradisi-tradisi yang sudah mapan.
Ada dua ungkapan dasar konservatif dalam pendidikan yaitu:
1)
Konservatisme pendidikan religious
Yaitu
memerankan peran sentral pelatihan rohaniah sebagai landasan pembangunan
karakter moral yang tepat.
2)
Konservatisme pendidikan sekuler
Yaitu
memusatkan perhatiannya pada pelestarian dan keyakinan-keyakinan pada
praktek-praktek yang sudah ada.
f.
Fungsi seleksi dan Alokasi
Seleksi adalah proses
penentuan, Pemilihan dan penetapan orang-orang tertentu yang akan diterima
sebagai tenaga baru/ pegawai. Pelaksanaan seleksi merupakan tugas yang sangat
penting, berusaha, dan membutuhkan tanggung jawab yang besar. Proses seleksi
yaitu proses untuk menentukan kandidat yang mana yang paling layak mengisi
jabatan tertentu yang tersedia di sekolah.
1.
Paradigm rekrutmen dan seleksi
Dalam
pengamatan ada beberapa paradigma yang bisa dijadikan pedoman dalam melakukan
rekrutmen dan seleksi dalam kaitannya dengan tindakan kerja.
1).
Human thingking
Adalah paradigm yang hanya memahami
pelamar hanya dari dimensi berfikirnya saja sehingga dalam proses mencari dan
menentukan pilihan dan murni berlandaskan pada kemampuan analisa, menyimpulkan
dan kreatiftas alternative untuk menyelesaikan masalah yang dia hadapi sehingga
hubungan nya hanya dipandang dari relasi berfikir saja.
2).
Human working
adalah cara pandang yang hanya memahami
calon pelamar dari dimensi kerjanya saja. Cara pandang ini hanya melihat dari
kesiapan mentalnya untuk bekerja dan melakukan segala sesuatu secara konkrit.
3).
Human original
Cara pandang ini hanya akan mencari dan
memilih yang belum berpengalaman sama sekali, tidak musti pintar yang penting
bisa dibina, diarahkan dan dibentuk melalui upgreding SBM sekolah.
2.
Alasan-alasan dasar rekrutmen dan seleksi
Alas
an-alasan dasar rekrutmen dalam suatu organisasi baru antara lain :
1).
Berdirinya organisasi baru
2).
Adanya perluasan kegiatan organisasi
3).
Terciptanya pekerja-pekerja dan kegiatan-kegiatan baru.
4).
Adanya pekerja yang pindah ke organisasi lain.
5).adanya
pekerja berhenti baik dengan hormat maupun tidak hormat sebagai tindakan
positif
6).
Adanya pekerja yang berhenti karna memasuki pension
7).
Adanya pekerja yang meninggal dunia.
3.
Faktor rekrutmen dan seleksi
Ada
tiga factor yang mempengaruhi kebijakan-kebijakan dan praktek-praktek rekrutmen
terutama disektor public yaitu:
1).
Economic Education
2).
Political Factor
3).
Peraturan-peraturan dan keputusan-keputusan pengadilan
4.
Sistem rekrutmen dan seleksi
Sistem rekrutmen dan seleksi dapat dilaksanakan dengan
duacara yaitu sistem langsung dan siitem tidak langsung.
1). Sistem langsung adalah sistem yang menerima secara langsung terhadap
seorang tenaga baru dengan langsung memberikan SK dari pimpinan tertinggi.
Adapun bentuk-bentuknya antara lain :
-
Pemupukan ekstenal
-
Pemupukan internal
-
Bentuk terbuka
-
Bentuk tertutup
2). Sistem tidak langsung adalah sistem rekrutmen dan
seleksi yang menerima tidak langsung terhadap tenaga baru. Tetapi SK diberikan
setelah tenaga baru melawati masa orientasi yang berfungsi evaluasi seleksi
dalam jangka waktu tertentu. Adapun bentu-bentuknya antara lain :
-
Orientasi selektif
C. Peranan Pendidikan Konservatif
Paradigma pendidikan
konservatis bermula dari suatu konstruksi filosofis yang lebih banyak berkiblat
pada aliran filsafat pendidikan Perenialisme dan essensialisme. Konsep-konsep
dasar tentang berbagai unsur pendidikan cenderung bersifat statis serta kurang
mampu mengakomodir pandangan-pandangan baru(eksklusif). Orientasi pendidikan konservatif
adalah untuk mempertahankan nilai-nilai normatif yang telah mapan (status quo).
Pendidikan tidak jauh beda dengan proses transfer nilai yang kemudian dijadikan
sebagai pedoman hidup.
Dua aliran
filsafat yang mendasari pendidikan konservatif ini sebenarnya memiliki
orientasi yang sama, yakni lebih mayakini nilai-nilai keabadian sebagai tujuan
akhir. Jika perenialisme langsung memahami orientasi akhir dari pendidikan
sebagai pengakuan terhadap nilai-nilai transendental. Sedangkan essensialisme
lebih meyakini nilai-nilai kemanusiaan yang paling fundamental, yaitu dimensi
moralitas yang bersumber dariajaran agama. Meskipun model atau perwujudan
aliran filsafat pendidikan ini terlihat berbeda, namun secara substantif adalah
sama.
Peranan
pendidikan konservatif adalah salah satu tanggung jawab kurikulum untuk
mentranmisikan dan mentafsirkan warisan sosial pada generasi mudah. Dengan
adanya peranan konservatif ini maka sesungguhnya pendidikan itu berorientasi
pada masa lampau. Namun peranan pendidikan konservatif ini sangat mendasar
sifatnya.
Menurut John
Dewey pendidikan konservatif merupakan suatu pembentukan terhadap pembentukan
pribadi anak tampa memperhatikan kekuatan atau kemampuan IQ peserta didik yang
ada didalam dirinya.(zahra idris1981.hal:12-16)
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pendidikan
adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaa, kecerdasan, keterampilan dan akhlak
mulia. pendidikan sebagai lembaga konservatif mempunyai fungsi-fungsi sebagai
berikut diantaranya Fungsi kontrak social, Fungsi Kontrolsosial, Fungsi
pelestarian budaya masyarakat, Fungsi sekolah berkaitan dengan konservasi
nilai-nilai budaya daerah dan , Fungsi pendidikan dan perubahan daerahFungsi
seleksi dan alokasi.pendidikan konservatif adalah untuk mempertahankan
nilai-nilai normatif yang telah mapan (status quo). Pendidikan tidak jauh beda
dengan proses transfer nilai yang kemudian dijadikan sebagai pedoman hidup.
DAFTAR PUSTAKA
Zahra idris.1981.Dasar-dasar Pendidikan.Padang:Angkasa
Raya
Uyo Sadullah.2009.Pengantar Filsafat Pendidikan.Bandung:Alfabeta
Muhammad
dimyati. 1996. Landasan Pendidikan. Malang:Pustaka setia
Wuradji.
1988. Sosiologi Pendidikan Sebuah Pendekatan Jakarta: Depdikbud.
http://groups.yahoo.com/group/pakguruonline/massage
https://bayanlarsitesi.com/
BalasHapusOrtaköy
Poyrazköy
Cevizli
Güngören
V4Q
https://titandijital.com.tr/
BalasHapustunceli parça eşya taşıma
ordu parça eşya taşıma
aydın parça eşya taşıma
van parça eşya taşıma
U7PQT
maraş evden eve nakliyat
BalasHapusmalatya evden eve nakliyat
ağrı evden eve nakliyat
elazığ evden eve nakliyat
aydın evden eve nakliyat
R1RL
D7197
BalasHapusTrabzon Şehirler Arası Nakliyat
Elazığ Şehir İçi Nakliyat
Binance Güvenilir mi
Yalova Lojistik
Bingöl Evden Eve Nakliyat
Uşak Parça Eşya Taşıma
Mardin Evden Eve Nakliyat
Silivri Boya Ustası
Yalova Şehir İçi Nakliyat
A24BA
BalasHapusÜnye Mutfak Dolabı
Elazığ Parça Eşya Taşıma
İzmir Lojistik
Kırıkkale Şehir İçi Nakliyat
Çerkezköy Koltuk Kaplama
Urfa Şehirler Arası Nakliyat
Denizli Şehir İçi Nakliyat
Iğdır Parça Eşya Taşıma
Yozgat Lojistik
5653F
BalasHapusAdana Şehir İçi Nakliyat
İzmir Lojistik
Etlik Fayans Ustası
Kütahya Şehirler Arası Nakliyat
Giresun Lojistik
Amasya Evden Eve Nakliyat
Iğdır Şehir İçi Nakliyat
Karapürçek Fayans Ustası
Kırıkkale Şehirler Arası Nakliyat
943F5
BalasHapusHamster Coin Hangi Borsada
Trabzon Parça Eşya Taşıma
Şırnak Parça Eşya Taşıma
Samsun Parça Eşya Taşıma
Konya Evden Eve Nakliyat
Coin Nedir
Satoshi Coin Hangi Borsada
Çanakkale Lojistik
Ergo Coin Hangi Borsada
4D9CC
BalasHapusArtvin Lojistik
Karabük Şehirler Arası Nakliyat
Silivri Cam Balkon
Kırşehir Şehir İçi Nakliyat
Van Şehir İçi Nakliyat
Coinex Güvenilir mi
Binance Referans Kodu
Trabzon Şehirler Arası Nakliyat
Giresun Evden Eve Nakliyat
1246F
BalasHapusAmasya En İyi Rastgele Görüntülü Sohbet
en iyi görüntülü sohbet uygulamaları
denizli yabancı görüntülü sohbet
Batman Canlı Sohbet Siteleri Ücretsiz
en iyi görüntülü sohbet uygulaması
Siirt Chat Sohbet
şırnak tamamen ücretsiz sohbet siteleri
giresun sohbet sitesi
Urfa Ücretsiz Sohbet
FC3E7
BalasHapusKwai Takipçi Satın Al
Binance Neden Tercih Edilir
Periscope Beğeni Hilesi
Sui Coin Hangi Borsada
Kripto Para Nasıl Oynanır
Coin Kazanma Siteleri
Pepecoin Coin Hangi Borsada
Kripto Para Madenciliği Nasıl Yapılır
Madencilik Nedir